Saturday, 15 September 2012

Cara Membuat Bibit Pepaya

Salam Petani.
Kali ini kami akan berbagi cara-cara membuat bibit tanaman pepaya, baik pepaya calina (california) ataupun pepaya bangkok. Ada 10 langkah dalam membuat bibit pepaya, yaitu:
  1. Benih pepaya dapat dibuat dengan menggunakan biji dari buah papaya yang berkualitas atau dengan membeli benih dari toko/petani. Bila akan membuat benih sendiri, pilihlah buah yang rasanya manis dan ukurannya besar agar bibit yang dihasilkan juga berkualitas baik.
  2. Jemur benih yang diperoleh dari buah sendiri dibawah matahari. Dapat juga dilumuri abu agar kadar airnya berkurang. Penjemuran jangan terlalu kering karena dapat mematikan biji tanaman.
  3. Rendam benih yang sudah kering ke dalam air hangat. Hal ini bertujuan agar benih dapat berkecambah sehingga mudah ditumbuhkan ke dalam media tanam polibag. Dapat juga menggunakan cairan perangsang pertumbuhan yang dapat dibeli di toko pertanian terdekat.
  4. Setelah benih berkecambah, maka dapat dipindahkan/ditanam di polibag agar tumbuh menjadi bibit. Tujuan pembuatan di polibag adalah untuk memudahkan penanaman di lahan. Dapat dibayangkan bila penanaman biji dilakukan secara langsung di lahan, dan apabila benih tidak mau tumbuh atau mati maka kita harus kerja 2 (dua) kali. Setiap polibag dapat diisi 2 atau 3 biji. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kematian tunas yang telah tumbuh. Penanaman di polibag juga memudahkan perawatan, penyiangan gulma, serta menghindari gangguan hama penyakit.
  5. Setiap pagi dan sore hari, hendaknya bibit di polibag disiram secara rutin agar cepat tumbuh. Setelah bibit berumur sekitar 2 sampai 3 bulan, benih dapat dipindahkan dari polibag ke lahan pertanian.

2 comments:

  1. Ada persediaan bibit/benih siap tanam nggak Boss...harga per polybag berapa......???tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Silakan kontak ke nomor di bio. Kalau mau main ke kebun juga boleh :-)

      Delete